ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAGING SAPI DAN JEROANNYA (Studi Kasus : Pedagang Daging Sapi di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur) TUGAS AKHIR (TA.16.18.22.35)

MUTHIA, PRITA and Ariffien, Afferdhy and Suntoro, Suntoro (2022) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAGING SAPI DAN JEROANNYA (Studi Kasus : Pedagang Daging Sapi di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur) TUGAS AKHIR (TA.16.18.22.35). Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (697kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan daging sapi dan jeroannya di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur. Adapun yang melatarbelakangi permintaan ini ialah karena daging sapi merupakan bahan pangan yang mudah diolah serta mudah didapatkan di berbagai pasar, selain itu terdapat banyak masakan nusantara yang menjadikan daging sapi dan jeroan sebagai bahan utama dalam pengolahannya. Menurut salah satu pedagang daging sapi di Pasar Perumnas Klender mengatakan bahwa jeroan sapi bisa dikatakan memiliki peminat yang cukup tinggi dan penjualannya kurang lebih sama dengan jenis daging sapi lainnya. Permintaan tersebut dipengaruhi oleh berbagi faktor seperti perayaan hari besar keagamaan seperti idul fitri, idul adha, imlek, serta tahun baru, selanjutnya ialah harga daging, pendapatan konsumen, kualitas daging, kebutuhan, selera, gaya hidup, alternatif pilihan, diolah untuk dijual kembali, dan kandungan gizi produk. Karena adanya pengaruh-pengaruh tersebut menyebabkan permintaan daging sapi meningkat. Namun berdasarkan pengaruh tersebut terdapat faktor yang memiliki pengaruh yang kecil serta pengaruh yang besar. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui faktor apa saja yang paling berpengaruh dalam menyebabkan meningkatnya permintaan daging sapi dan jeroannya di Pasar Perumnas Klender kepada serta besar pengaruhnya dari masing-masing faktor yang terbentuk berdasarkan penelitian. Metode Penelitian yang peneliti gunakan adalah metode analisis faktor eksploratori (EFA) dimana dalam analisis faktor dapat mengetahui faktor-faktor yang mampu menjelaskan hubungan atau korelasi antara berbagai indikator independen yang diobservasi. Beberapa indikator atau metode yang digunakan dalam analisis EFA didasarkan pada matriks korelasi, atau pemeriksaan antar prediktor / item kuesioner tersebut. Kelompok item pada awalnya saling berkorelasi satu sama lain, dan analisis akan membentuk kelompok faktor baru menjadi variabel yang terdiri dari item kuesioner yang saling berkorelasi. Pada penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan studi pustaka dari berbagai literatur serta studi lapangan di Pasar Perumnas Klender yang meliputi wawancara dan penyebaran kuisioner. Setelah data sudah terkumpul, peneliti melakukan uji instrumen dimana uji ini meliputi uji validitas dan reliabilitas yang kemudian apabila telah memenuhi kriteria dilakukan uji asumsi klasik serta analisis dari faktor-faktor yang terbentuk. Hasil penelitian dengan melakukan pengujian yang dilakukan pada pengolahan data menunjukkan dari tiga belas faktor yang digunakan, hanya terdapat tujuh faktor yang paling berpengatuh terhadap permintaan daging sapi dan jeroannya di Pasar Perumnas Klender, faktor tersebut meliputi yaitu Hari Raya Idul Fitri dengan variansi 58,1%, Hari Raya Idul Adha dengan variansi 72,1%, Tahun Baru Masehi dengan variansi 85,2%, pendapatan konsumen dengan variansi 56%,, kebutuhan dengan variansi 75,2%, alternatif pilihan dengan variansi 59,3%, dan kandungan gizi produk dengan variansi 58,1%. Kata kunci : Demand, daging sapi dan jeroannya, hari libur nasional dan analisis faktor ekploratori (EFA).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:07
Last Modified: 21 Sep 2022 01:55
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item