Penerapan Lean Service Untuk Meminimalisir Waste Pada Kegiatan Gudang Di DHL Bitung (TA.13.17.22.80)

Taufan Aliefyansyah, Zidane and Widya Purnama, Anggi and Eka Lestiani, Melia (2022) Penerapan Lean Service Untuk Meminimalisir Waste Pada Kegiatan Gudang Di DHL Bitung (TA.13.17.22.80). Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK Di era modernisasi yang berkembang di Indonesia saat ini, bisnis berdampak pada persaingan dunia usaha baik di bidang industri dan perdagangan maupun jasa yang semakin kompetitif. Gojek sebagai salah satu raksana startup Indonesia, memang tidak pernah lelah dalam meluncurkan inovasi inovasinya. Akhir akhir ini, Gojek menggandeng warung warung kelontong membuat layanan bernama Gotoko. Dalam pengiriman logistik, Gotoko bekerjasama dengan beberapa pelaku Logistik seperti Gosend dari Gojek sendiri dan juga DHL (Dalsey, Hillblom and Lynn). DHL bertanggung jawab atas pengiriman barang dari gudang menuju customer. Namun pada kenyataannya masih terdapat barang kembali dan barang gagal kirim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis waste, penyebab waste, serta usulan perbaikan untuk meminimasi waste dengan menerapkan konsep lean service. Metode waste assessment model dan value stream mapping tools digunakan untuk mengetahui keterkaitan antar waste dan waste dominan. Selanjutnya melakukan pemetaan secara detail serta mengurangi waste yang terjadi dengan metode Value Stream Mapping Tools (VALSAT) sehingga diketahui bahwa tools yang sesuai untuk digunakan dalam pemecahan masalah yaitu Process Activity Mapping (PAM). Waste Assesment Model menghasilkan peringkat waste tertinggi hingga terkecil sehingga dapat diketahui waste dominan yang terjadi adalah doing work not requested dengan persentase 19,55%, Error in Document dengan persentase 18,15%, Unnecessary Motion dengan persentase 17,25%, Waiting for the next steps dengan persentase 13,98% dan Process steps and approval dengan persentase 11,22%. Usulan perbaikan yang dapat diberikan yaitu berupa saran untuk meningkatkan manajemen sumber daya manusia, merancang skala prioritas pekerjan, meningkatkan implementasi sistem informasi, mengurangi aktivitas non value added, serta menggabungkan kegiatan yang hampir serupa. Kata Kunci: Lean, service, waste assessment model, value stream analysis tools.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:28
Last Modified: 24 Aug 2022 04:28
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item