PREFERENSI PELANGGAN TERHADAP PEMILIHAN JASA KARGO PADA PT.AEROJASA KARGO (TA.13.15.20.62)

Aulia Nurbaiti Utami, Desiana and Eka Lestiani, Melia and Widya Purnama, Anggi (2022) PREFERENSI PELANGGAN TERHADAP PEMILIHAN JASA KARGO PADA PT.AEROJASA KARGO (TA.13.15.20.62). Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
6. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (139kB)

Abstract

ABSTRAK PREFERENSI PELANGGAN TERHADAP PEMILIHAN JASA KARGO PADA PT. AEROJASA CARGO Oleh : Desiana Aulia Nurbaiti Utami PT. Aerojasa Cargo yang merupakan salah satu anak perusahaan dalam kelompok usaha Aerowisata Group yang bergerak di bidang jasa transportasi darat, pariwisata, perhotelan, logistic dan jasa boga penerbangan dimana seluruh saham dimiliki oleh BUMN PT. Garuda Indonesia. PT. Aerojasa Cargo menerapkan kegiatan pelayanan kargo. PT. Aerojasa Cargo merupakan perusahaan yang memberikan pelayanan publik, tetapi pada kenyataannya adanya penurunan jumlah konsumen pada April 2019 dan yang terjadi pada pelayanan publik ialah banyak keluhan dari masyarakat membandingkan PT. Aerojasa Cargo degan pelayanan dan harga yang diterima dari perusahaan pesaing. Perusahaan jasa pesaing seperti PT. Pos Indonesia, JNE, J&T, TIKI, Sicepat, Pahala Express, Pandu Logistic, First Logistic, dan DHL menawarkan nilai-nilai yang lebih dari yang diberikan oleh PT. Aerojasa Cargo dan semakin maraknya pertumbuhan bisnis pengiriman jasa kargo, jika di biarkan dalam jangka waktu yang panjang akan mungkin kehilangan pelanggannya, beberapa pelayanan yang selama ini dilakukan atau diandalkan PT. Aerojasa Cargo mungkin perlu dikaji kembali, hal yang berpengaruh dan menjadi pertimbangan penting dalam bidang jasa adalah keputusan memilih konsumen. Preferensi pelanggan dalam pelayanan kargo, merupakan suatu pertimbangan. Disadari pula bahwa preferensi pelanggan dipengaruhi oleh beberapa karakteristik yaitu karakteristik pribadi, harga dan psikologis. Untuk mengkaji kembali pelayanan yang diberikan PT. Aerojasa Cargo dilakukan penyebaran kuesioner pengumpulan data berjumlah 98 responden dan pada pengolahan data yang di dapatkan dari hasil pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Path Analysis. Berdasarkan hasil pengolahan data perhitungan uji t dan signifikansi menyatakan bahwa karakteristik pribadi dan karakteristik harga memberikan pengaruh terhadap keputusan memilih, sedangkan karakteristik psikologis tidak memberikan pengaruh terhadap keputusan. PT. Aeorjasa Cargo disarankan untuk melakukan pengkajian terhadap biaya penetapan harga geografis, harga diskrimintif, dan harga bauran produk yang diberikan untuk pengguna jasa tersebut. Karena Harga sangat mempengaruhi pengguna jasa dalam keputusan memilih dan melakukan pengembangan untuk mempengaruhi indikator pekerjaan dan kebutuhan karakteristik pribadi pekerjaan dan kebutuhan. Karena pribadi sangat mempengaruhi pengguna jasa dalam keputusan memilih PT Aeorjasa Cargo. Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Path Analysis , Keputusan Memilih.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:31
Last Modified: 19 Aug 2022 07:31
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item View Item