Analisis Penentuan Rute Terpendek Distribusi Paving Blok Dengan Model CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROLEM DAN METODE CAPATATED TABU SEARCH PADA UD.INDAH JAYA (TA.13.17.22.78)

Faishal Mashuda, Riza and Kumala Dewi, Nurlaela and Eka Lestiani, Melia (2022) Analisis Penentuan Rute Terpendek Distribusi Paving Blok Dengan Model CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROLEM DAN METODE CAPATATED TABU SEARCH PADA UD.INDAH JAYA (TA.13.17.22.78). Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
3. BAB 1.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK UD Indah Jaya merupakan produsen paving block di daerah Kabupaten Tulungagung dalam penelitian ini, peneliti diminta oleh UD Indah Jaya yang memiliki 17 konsumen yang tersebar di Kabupaten Tulungagung dan sekitarnya untuk melakukan analisis terhadap rute dan biaya transportasi yang ditimbulkan dalam proses distribusinya, UD Indah Jaya memiliki kendaraan sebanyak 3 kendaraan dengan masing-masing kapasitas angkut kendaraan 1 dan 2 sebesar 1.250 pcs dan kendaraan 3 sebesar 1.750 pcs. Selama ini, proses pengiriman dilakukan hanya berdasarkan pengalaman atau intuisi pengemudi. Selain itu pada saat pengiriman kendaraan tidak dalam kondisi sesuai kapasitas kendaraan karena total permintaan dari 17 konsumen di bagi ke dalam 3 kendaraan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membuat rute pendistribusi pada UD Indah Jaya menggunakan pemodelan CVRP (Capacitated Vehicle Routing Problem) dengan menggunakan metode Tabu Search dan mengusulkan rute distribusi, melakukan efisiensi dari segi jarak, waktu, kapasitas dan total biaya transportasi. Pada tahap pengolahan menggunakan metode Nearest Neighbour untuk inisialisasi rute awal lalu setelah itu dilanjutkan perhitungan dengan metode Tabu Search agar solusi yang didapat lebih maksimal. Setelah pengolahan data maka didapat penghematan dari segi total jarak terjadi selisih 28,5 km, sedangkan dari segi total waktu terjadi efisiensi sebesar 43 menit dan biaya yang dikeluarkan perusahaan terdapat selisih Rp.13.191 dalam satu hari untuk seluruh kendaraan. Kapasitas angkut sebelum dilakukan perbaikan pada ke 3 kendaraan mempunyai rata – rata load factor sebesar 1,06 sedangkan dengan setelah perbaikan rata rata load factor yang didapat sebesar 0.92 dimana terjadi pengoptimalan kapasitas kendaraan dan tidak terjadi overload pada kendaraan. Kata kunci: CVRP (Capacitated Vehicle Routing Problem), Nearest Neighbour, Tabu Search. ABSTRACT

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 19 Aug 2022 06:43
Last Modified: 19 Aug 2022 06:43
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1485

Actions (login required)

View Item View Item