LAPORAN KERJA PRAKTIK ANALISIS BEBAN KERJA PADA BAGIAN PROSES DAN ANTARAN (PROSAN) DI PT POS INDONESIA(PERSERO

jaelanai sp, AH and Senja Widyawati, Kartika (2020) LAPORAN KERJA PRAKTIK ANALISIS BEBAN KERJA PADA BAGIAN PROSES DAN ANTARAN (PROSAN) DI PT POS INDONESIA(PERSERO. [Experiment]

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan KP/M Selama 2 bulan KP/M penulis diajarkan banyak sekali kegiatan dari mulai kegiatan penerimaan barang sampai barang siap dikirimkan. Banyak sekali pengalaman yang bisa diambil oleh penulis. Di kantor PT Pos Indonesia cabang Brebes penulis di bimbing oleh 3 (tiga) manajer yaitu manajer (DUKUM) dukungan umum, manajer pemrosesan dan antaran (PROSTAN) dan yang terakhir ialah manajer penjualan. Dalam 2 bulan KP penulis pada bulan pertama ditempatkan pada bagian proses dan antaran. Di tempat tersebut selain penulis dibimbing oleh manajer penulis juga dibimbing oleh mandor atau asisten manajer dan dibimbing oleh staf karyawan bagian pemrosesan. Pada bulanpertama di bagian perosesan penulis diajarkan aktifitas dasar yaitu pengambilan barang dari loket atau dari bagian unit pelayanan ritail. Pada aktifitas tersebut penulis diajarkan tatacara sebelum pengambilan barang karena aktivitas tersebut tidak serta merta mengambil barang/ paket dan surat saja di dalam aktivitas tersebut ada proses yang disebut manifest serah, aktifias ini bertujuan untuk merekam trek record paket atau surat tersebut. setelah paket dan surat dimanifest langkah selanjutnya adalah memindahkan barang menggunakan troli ke bagian pemrosesan. Setelah penulis mengambil paket dan surat langkah selanjutnya pembimbing mengajarkan bagaimana caranya menerima barang-barang tersebut dengan langkah-langkahnya yaitu manifest terima yaitu meng-scand barcode yang tertera pada barang tersebut. setelah barang diterima penulis langsung diajarkan bagaimana caranya sortir paket dan surat. Pada bagian aktivitas ini penyortiran dilakukan berdasarkan alamat dan jenis jasa yang digunakan. Selain penanganan barang dari dari bagian pelayanan penulis juga menangani barang dari mobil antaran pos regonal (Semarang) dan cabang (kecamatan di brebes), jika mobil angkutan barang datang penulis melakukan bongkar muat atau unloading untuk selanjutnya barang dimanifest terima. Ketika barang dari mobil angkutan datang paket dan surat dikemas didalam kantung karung dan/atau plastik khusus, jenis kemasan tergantung dari jumlah barang dan alamat yang dituju oleh paket atau surat itu sendiri. Setelah kantung dimanifest terima lalu kemasan dibuka dan dikeluarkan semua barangnya, lalu penulis kembali melakukan manifest terima paket dan surat per item. Jika penulis dan staf sudah menyelesaikan manifest terima dan IV-2 sortir barang langkah selanjutnya penulis belajar bagaimana melakukan pengiriman barang, aktivitas-aktivitasnya adalah manifest serah berdasarkan alamat tertentu lalu pengemasan paket dan surat yang didampingi oleh staff-staff yang prefesional. Saat paket dan surat selesai dikemas lalu kembali dilakukan manifest serah per kantong.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:07
Last Modified: 14 Jul 2022 08:07
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item