ANALISIS PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PENGIRIMAN PAKET DI SETIAP DISTRIBUTION CENTER DI PT. POS INDONESIA (STUDI KASUS MAIL PROCESSING CENTER BANDUNG 40400) (KP.13.17.21.62)

Adi Pratama, Andrean and W. Nariendra, Pradhana and Ismanto, Ismanto (2021) ANALISIS PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PENGIRIMAN PAKET DI SETIAP DISTRIBUTION CENTER DI PT. POS INDONESIA (STUDI KASUS MAIL PROCESSING CENTER BANDUNG 40400) (KP.13.17.21.62). [Experiment]

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (208kB)

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Berdasarkan perhitungan dengan rute existing, Biaya yang dibutuhkan perharinya yaitu Rp 1.776.022 yang menurut saya kurang optimal karena masih menerapkan 1 kendaraan untuk tiap tujuan distribusinya. 2. Total jarak pada rute eksisting adalah 418,3 km. Sedangkan total jarak rata-rata dengan menggunakan metode Nearest Neighbor adalah 230,9 km. Maka dari itu, rute usulan dengan menggunakan metode Nearest Neighbor lebih pendek dan menghemat jarak rata-rata sebanyak 187,40 km. 3. Total biaya transport pada rute eksisting adalah Rp 1.776.022. Sedangkan total biaya rata-rata transport dengan menggunakan metode Nearest Neighbor adalah Rp. 694.400,42. Maka dari itu, rute usulan dengan menggunakan metode Nearest Neighbor lebih menghemat biaya rata-rata transport sebesar Rp. 1.081.621,36. 4. Menurut penulis, rute yang diterapkan saat ini kurang efektif dan efisien karena banyak faktor yang mempengaruhinya, diantaranya beberapa mobil pengangkut hanya melayani satu distribution center yang membuat biaya transportasi tiap kendaraannya meningkat karena penggunaan unit mobil pengangkut yang kurang efisien. Serta beberapa mobil pengangkut juga hanya terisi sebagian dari kapasitas angkut maksimalnya yang seharusnya dapat dimaksimalkan agar dapat mengurangi biaya transportasi tiap kendaraan pengangkut dengan mengurangi jumlah unit kendaraan yang beroperasi. 4.2 Saran Berdasarkan pada penulisan laporan Kerja Praktik ini ada beberapa saran yang diajukan yaitu : 1. Untuk Perusahaan : 40 PT Pos Indonesia sebaiknya dapat menganalisis rute distribusi kebutuhan akan kendaraan angkut yang berdasarkan Load factor, Jarak tempuh antar DC-MPC, besaran biaya transportasi yang dibutuhkan untuk pendistribusian ke tiap Distribution Center, yang kemudian segera direalisasikan yang bertujuan agar memberikan nilai ekonomis lebih baik kepada pada MPC Bandung 40400 agar penerapannya dapat berjalan secara efektif dan efisien Pada PT Pos Indonesia sebaiknya melakukan evaluasi kinerja pada setiap bagian sehingga ditemukan setiap kendala dan permasalahan di setiap masing-masing bagian tersebut dan dapat diterapkan hasil dari evaluasi tersebut sehingga memberikan hasil yang maksimal. 2. Untuk Penelitian Dan Kerja Praktik : Penelitian dapat digunakan untuk mengukur seberapa efektif dan efisien kah rute yang sedang diterapkan perusahaan serta apa saja kelemahannya yang nantinya dalam penerapan dan pengoperasiannya dapat meningkatkan nilai ekonomis dari sistem yang sedang berjalan pada MPC Bandung 40400. Saran untuk Prodi Manajemen Transportasi yaitu agar mahasiswa lebih diarahkan untuk melakukan kerja praktik dalam situasi penerapan kebiasaan baru (new normal). Mahasiswa dapat lebih aktif dalam melakukan kerja praktik dan lebih kritis lagi pada perusahaan tempat dilaksanakannya kerja praktik agar didapat permasalahan baru yang dapat dijadikan topik laporan Kerja praktik

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 12 Jul 2022 08:38
Last Modified: 12 Jul 2022 08:38
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item