ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGIRIMAN BARANG DI MAIL PROCESSING CENTER BANDUNG 40400 MENGGUNAKAN METODE FISHBONE ( KP.13.17.20.1 )

Subiono Tambunan, Jaya and W. Nariendra, Pradhana and Ismanto, Ismanto (2020) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGIRIMAN BARANG DI MAIL PROCESSING CENTER BANDUNG 40400 MENGGUNAKAN METODE FISHBONE ( KP.13.17.20.1 ). [Experiment]

[img] Text
BAB III.pdf

Download (656kB)

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh penulis untuk mengetahui penyebab keterlambatan barang yang ada di kantor Mail Processing Center Bandung 40400, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Dari hasil wawancara dan observasi selama di Mail Proccesing Center bandung mengungkapkan bahwa aktivitas logistik adalah aktivitas yang memerlukan effort di dalam proses nya. Hal itu dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia yang dimiliki dalam mitra bidang logistik khususnya dalam tranportasi dan menyebabkan kegiatan seperti distribusi tidak berjalan dengan baik. 2. Sering terjadinya keterlambatan pengiriman barang di Mail Processing Center Bandung 40400, hal ini disebabkan sebagai berikut - Tidak adanya koordinasi antar pegawai mengakibatkan kurangnya informasi dan ketidak telitian pegawai. - Tidak adanya sosialisasi tentang penanganan barang gagal xray dan salah salu kepada pegawai tentang SOP distribution. - Tidak ada vendor lain selain poslog sehingga memperlambat distribusi barang. - Apabila ada barang yang gagal xray maka otomatis barang akan ditahan dan tidak langsung diteruskan. 3. Hal apa yang harus dilakukan untuk mengurangi keterlambatan pengiriman barang di Mail Processing Center Bandung 40400 sebagai berikut: - Berdasarkan Man 1) Petugas indoor process diberi peringatan agar kelalaian serupa tidak terulang kembali 2) Memberikan penjelasan dengan membalas P6 ke kantor kirim bahwa iregularitas bukan terjadi di SPP Bandung tetapi terjadi di kantor asal dan kantor tujuan, sehingga P6 seharusnya dialamatkan ke kantor 37 yang dimaksud. - Berdasarkan Method 1) Menginformasikan kepada Kantor Pos asal dan kantor tujuan dengan membalas berita acara P6 dan memberi penjelasan bahwa irreguralitas terjadi bukan di SPP Bandung 2) Memberikan penjelasan dengan membalas P6 ke kantor kirim bahwa iregularitas bukan terjadi di SPP Bandung tetapi terjadi di kantor asal dan kantor tujuan, sehingga P6 seharusnya dialamatkan ke kantor yang dimaksud. - Berdasarkan Machine 1) Konfirmasi dan membebankan tuntutan ganti rugi ke pihak angkutan Poslog - Berdasarkan Matherial 1) Menginformasikan kepada Kantor Pos asal/ loket, dengan membalas berita acara P6 dan memberi penjelasan bahwa irreguralitas terjadi bukan di SPP Bandung. 2) Memberikan penjelasan dengan membalas P6 ke kantor kirim bahwa iregularitas bukan terjadi di SPP Bandung tetapi terjadi di kantor asal/ loket, sehingga P6 seharusnya dialamatkan ke kantor yang dimaksud. 4.2 Saran Saran yang dapat diberikan: 1. Berdasarkan hasil analisis fishbone dari segi man masih banyak pegawai yang belum mengetahui SOP distribusi barang dengan baik, sebaiknya dilakukan sosialisasi oleh manager distribusi agar meminimalisir terjadinya keterlambatan barang dan juga pegawai dapat lebih teliti dalam melakukan proses distribusi, karena dengan terjadinya salah salur barang dapat membuat pelanggan kecewa dan juga menambah biaya kirim yang seharusnya dapat dihindari. 2. Untuk selanjutnya Mail Processing Center Bandung 40400 juga dapat bekerjasama dengan mitra atau vendor trucking dalam memudahkan pengiriman barang kepada konsumen atau pelanggan

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:43
Last Modified: 21 Jun 2022 07:43
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item