ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA REWORK BRANDING PADA ARMADA PT. X LOGISTICS BEKASI LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.18.21.54 )

Fahlevi, Zaky and W. Nariendra, Pradhana and Syafrianita, Syafrianita (2021) ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA REWORK BRANDING PADA ARMADA PT. X LOGISTICS BEKASI LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.18.21.54 ). [Experiment]

[img] Text
07. BAB 1.pdf

Download (520kB)

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Bedassarkan diagram pareto yang menjadi dominan dalam masalah pengerjaan ulang branding unit armada PT. X Logistics adalah sticker branding yang sering kali terkelupas, dengan persentase paling tinggi yaitu sebesar 54% dari 28 frekuensi kecacatan, untuk jenis kecacatan stiker yang bergelembung sebesar 88% dari 18 frekuensi kecacatan,dan yang paling rendah adalah jenis kecacatan pada stiker yang tidak rapih sebesar 100% dari 6 frekuensi tingkat kecacatan.. Oleh karena itu dari ketiga jenis kecacatan yang harus dikendalikan dan ditangani adalah stiker branding yang terkelupas karena paling dominan menjadi masalah dalam pengerjaan ulang branding unit. 2. Didapatkan hasil dari analisis fishbone dan why analysis yang menyebabkan faktor terjadinya kecacatan pada sticker branding yang terkelupas sehingga mengakibatkan pengerjaan ulang branding unit pada armada PT. X Logistics adalah faktor dari Man yang memiliki banyak kesalahan yang berasal dari pihak vendor branding dan pihak perusahaan, karena dalam pemasangan stiker branding memiliki jumlah teknisi yang terbatas, tidak adanya ketentuan waktu dalam proses pengerjaan branding unit, belum maksimalnya kegiatan inspeksi branding unit secara rutin, belum maksimalnya monitoring pada pihak PIC branding unit yang bertanggung jawab dalam mengawasi kegiatan branding, pada faktor material perusahaan masih menggunakan jenis sticker yang downgrade guna 42 menghemat pengeluaran perusahaan. Pada faktor method yang mempengaruhi sticker branding dalam pengerjaan ulang branding unit yakni teknisi branding tidak menggunakan pedoman branding sehingga pemasangan stiker tidak sesuai dengan standard dan faktor terbatasnya teknisi juga mempengaruhi dalam pelaksanaan pengerjaan branding unit sehingga hasil stiker branding unit kurang maksimal. 4.2 Saran Berdasarkan kerja praktik yang telah dilakukan, penulis memiliki beberapa saran sebagai berikut : 1. Saran Untuk Perusahaan a. Pada bagian material perlu diketahui untuk meminimalisir kecacatan pada sticker branding perlu dilakukanya perawatan seperti berikut :  Melakukan pembersihan sticker branding unit secara berkala dengan cara dengan mencuci pada sticker yang terkena noda kotoran ringan cukup menggunakan sabun khusus mobil dengan pH balance. Setelah itu langsung bilas dengan air bersih sampai sabun benar-benar hilang. Selanjutnya lap dengan kanebo dan dilanjutkan lap dengan kain kering yang bersih atau lap microfiber sampai benarbenar kering.  Gunakan minyak tanah untuk menghilangkan noda bandel seperti cipratan oli dan aspal . Teteskan minyak di kain bersih secukupnya, lalu gosok perlahan pada permukaan yang kotor. Setelah noda hilang, lap lagi dengan kain kering yang bersih. 43 b. Pada tahap pemasangan sticker branding perlu diperhatikan pada aspek man power dan method / tata cara pengerjaanya mulai dari awal pengerjaan sampai akhir pengerjaan branding untuk meminimalisir kesalahan pada hasil branding unit PT. X Logistics. Berikut ketentuan pemasangan sticker branding unit :  Melakukan pemasangan branding unit pada weekend karena mengingat armada setiap senin sampai jumat beroperasi, jika tetap dilaksanakan pada weekday akan mempengaruhi operasional seluruh unit PT. X Logistics.  Menentukan kebutuhan teknisi branding pada tiap unit yang akan di branding, Untuk efektifnya ukuran mobil CDE dan CDD diperlukan 4 teknisi dengan jobdesk yang telah diberikan masing masing oleh PIC vendor Branding.  Menentukan jam operasional pemasangan branding dengan maksimal 8 jam sehari dalam pengerjaan.  PIC vendor branding, PIC Safety officer, dan PIC departemen operasional melakukan briefing sebelum pemasangan branding unit seperti sosialisasi cara kerja aman,menyiapkan kebutuhan safety pada saat pemasangan (safety helmet, safety vest, lampu penerangan) , Pengecekan alat alat untuk melakukan branding , sosialisasi pemasangan branding sesuai pedoman branding yang telah dibuat dan pembagian jobdesk setiap teknisi branding.  Memastikan kebersihan sticker branding secara berkala untuk merawat masa umur sticker branding  Melakukan inspeksi branding setiap unit PT. X Logistics yang telah di branding sebagai bahan evaluasi dan pengecekan kecacatan stiker 44 2. Saran Untuk Penelitian dan Kerja Praktik a. Untuk Penelitian Untuk penelitian dalam kerja praktik mahasiswa memiliki keterbatasan dalam menjangkau refrensi laporan kerja praktik yang ada di kampus karena mengingat adanya pandemi yang berlangsung yang mengakibatkan kesulitasn akses dalam memasuki area kampus, sementara website perpustakaan selama ini tidak lengkap seperti yang ada di perpustakaan kampus, seharusnya situs web perpustakaan kampus harus bisa dikembangkan lebih bagus lagi di masa pandemi ini. Dalam mencari masalah dalam perusahaan penulis harus berhati-hati dalam penulisan laporan kerja praktik karena banyak berberapa factor perusahaan yang tidak ingin disebutkan nama perusahaanya, ini mengakibatkan penulis merasa terbatas dalam penulisan dan pembahasan dalam laporan kerja praktik. b. Untuk Kerja Praktik Untuk Kerja Praktik pada masa pandemic ini sebaiknya pihak kampus ikut membantu mahasiswanya untuk mencarikan perusahaan untuk kegiatan kerja praktik, mengingat banyak mahasiswa yang merasa kebingungan pada akhir penutupan pendaftaran kerja praktik karena sulitnya mencari perusahaan di masa pandemi ini, untuk kedepanya pihak kampus sebaiknya membuka program magang sks pada 1 semester guna memperdalam ilmu dan wawasan selama mahasiswa melakukan kerja praktik di perusahaan

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:58
Last Modified: 16 Jun 2022 02:58
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item